Latar Belakang

Universitas Nusa Nipa (UNIPA) adalah lembaga pendidikan tinggi yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Nusa Nipa Maumere, di bawah lindungan Pemerintah Kabupaten Sikka Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Universitas Nusa Nipa didirikan berdasarkan akte pendirian Nomor 05 tanggal 08 Oktober 2003 dan akte Nomor 21 Tanggal 22 Oktober 2004 yang telah disahkan oleh Menteri Hukum dan HAM RI Nomor : C - 187. HT. 01.02. Tahun 2005 tanggal 15 Februari 2005, dengan tujuan untuk menghasilkan sarjana yang trampil, berwawasan wirausaha, mampu berkarya dan mengembangkan ilmu untuk memanfaatkan sumber daya serta ikut serta mencerdaskan bangsa melalui pendidikan yang berdimensi serta berorientasi global.

Nama "NUSA NIPA" adalah nama asli dari pulau Flores yang artinya "Pulau Ular". Secara operasional, Universitas Nusa Nipa berjalan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 69/D/O/2005 tanggal 26 Mei 2005 dengan 6 Fakultas dan memiliki 13 program studi yaitu Fakultas Ilmu-ilmu Kesehatan (S-1 Keperawatan dan d-3 Keperawatan), Fakultas Teknik(Teknik Informatika, Teknik Sipil, dan Teknik Arsitektur), Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan(Teknologi Perikanan), Fakultas Pertanian (Agribisnis dan Agroteknologi), Fakultas Ilmu-Ilmu Sosial (Psikologi dan Ilmu Komunikasi), Fakultas Ekonomi (Akuntasi dan Manajemen), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP Biologi, FKIP Kimia, FKIP Fisika, FKIP Bahasa Inggris, dan PGSD).

Moto Universitas Nusa Nipa adalah Berwawasan Universal dan Berkiprah Nasional dengan semboyan Non Scholae Sed Vitae Discimus yang artinya : "kita belajar bukan untuk sekolah, melainkan untuk hidup". Moto tersebut bermakna bahwa Universitas Nusa Nipa membentuk pendidikan untuk kepentingan universal artinya dapat memenuhi kebutuhan regional dengan mempertimbangkan tujuan pendidikan nasional. Artinya Universitas Nusa Nipa berupaya melaksanakan pendidikan dalam rangka mencerdaskan dan mendidik mahasiswa agar terampil sehingga mampu berkarya untuk keadaan sekarang dan keadaan masa depan serta sekaligus dapat merupakan penghubung antara dunia ilmu pengetahuan, teknologi dan seni dengan kebutuhan nyata masyarakat Indonesia dan masyarakat internasional bahkan bukan hanya untuk kepentingan sekolah tetapi belajar untuk hidup.

Ciri khas sistem pendidikan dan pengajaran yang diselenggarakan Universitas Nusa Nipa bertitik berat pada tujuan pendidikan nasional, yakni meningkatkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa kepribadian dan mempertebal semangat kebangsaan, dan cinta tanah air agar dapat menumbuhkan manusia-manusia pembangunan yang dapat membangun dirinya sendiri serta bersama-sama bertanggung jawab atau pembangunan bangsa. 


Link Terkait

Follow my IG @JhonnyTheBay

 

Follow My IG @JhonnyTheBay